Menggali Jejak Teknologi Komunikasi

Posted: Juni 20, 2010 in humor

Sekitar tahun 2005 silam, Tim National Geographic (NG) yang beranggotakan 11 orang arkeolog melakukan sebuah penelitian di 3 negara yang dianggap berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan di dunia.
Penelitian tersebut bertujuan untuk mencari asal-usul dan penggunaan teknologi komunikasi pada zaman baheula.

Negara pertama yang dikunjungi oleh tim NG adalah China. Singkat cerita, terhitung sejak 3 hari dari kedatangannya, mereka menemukan sebuah rangkaian tembaga persis seperti jaringan telepon yang umum digunakan saat ini dengan panjang sekitar 1 Km di dalam tanah.

Mereka takjub dan sangat gembira karena telah menemukan peninggalan jaringan telekomunikasi yang diperkirakan telah berusia lebih dari 100 abad.

Berdasarkan temuannya itu, tim NG menyimpulkan bahwa China merupakan bangsa yang telah menggunakan teknologi komunikasi moderen sejak zaman dahulu .

Masih dalam suasana gembira, merekapun beralih ke negara India dengan tujuan yang sama. Pada lokasi penelitian yang sudah ditentukan mereka pun mulai menggali lokasi penelitian hingga kedalaman 5 meter.

Di negaranya Shah Rukh Khan ini, tim yang beranggotakan 5 orang laki-laki, 5 orang perempuan, ditambah satu orang yang tidak jelas jenis kelaminnya itu menemukan rangkaian tembaga yang tersambung hingga jarak 50 Km dan diperkirakan telah berumur lebih dari 500 abad.

Singkat kata, berdasarkan temuannya tersebut, mereka pun menyimpulkan bahwa India telah terlebih dahulu mengenal teknologi komunikasi moderen ketimbang China.

Memang dasar peneliti, sudah mendapat penemuan tapi masih belum puas juga, dan akhirnya mereka pun berangkat menuju negara terakhir yang sudah menjadi target penelitiannya, yaitu Indonesia.

Tanpa membuang waktu, setibanya di negara kepulauan itu tim NG langsung menggali area penelitian hingga kedalaman 10 meter tetapi belum menemukan tanda-tanda yang menggembirakan seperti halnya yang mereka temukan di kedua negara sebelumnya.

Karena masih penasaran, mereka pun memutuskan untuk melakukan penelitian di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tanpa terasa penelitian mereka sudah memasuki hitungan bulan dan masih belum juga menemukan rangkaian seperti sebelumnya.

Akhirnya tim NG yang sudah menghabiskan waktu berbulan-bulan melakukan penelitian itu merasa kagum pada Indonesia karena tidak menemukan apapun.

Kemudian mereka menarik kesimpulan bahwa Indonesia lebih hebat dari China dan India dalam hal teknologi komunikasi.

Mereka semua sepakat dan yakin bila Indonesia sudah menggunakan teknologi nirkabel (wireless) sejak zaman purbakala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s