Psikologi Komunikasi

Posted: Juni 20, 2010 in psikologi

Komunikasi sangat esensial dalam pertumbuhan manusia. Ahli-ahli ilmu social telah berkali-kali mengungkapkan bahwa kurangnya komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian (Davis,1940; Wasserman, 1924). Antropolog terkenal, Ashley Mountagu ( 1967:450), dengantegas menulis : “ The most important agency through which the child learns to be human is communication, verbal also non verbal.” Komunikasi amat erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia. Tidak mengherankan, bahwa komunikasi selalu menarik perhatian peneliti psikologi.

Kamus Psikologi, Dictionary of behavioral Science, menyebutkan enam pengertian komunikasi : 1) penyampaian perubahan energy dari suatu tempat ke tempat yang lain seperti dalam syaraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara. 2) penyampaian atau penerimaan signal atau pesan oleh organism. 3) pesan yang tersampikan. 4) proses yang dilakukan satu system untuk mempengaruhi system yang lain melalui pengaturan signal-signal yang disampaikan. 5) pengaruh satu wilayah persona pada wilayah persona lain sehingga perubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah lain. 6) pesan pasein kepada pemberi terapi dalam psikoterapi.

Psikologi mencoba menganalisa seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi. Pada diri komunikan, psikologi memerikan karakteristik manusia komunikan serta factor-faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi perilaku komunikasinya.

Fisher menyebut empat pendekatan psikologi pada komunikasi : penerimaan stimuli secara inderawi (sensory reception of stimuli ), proses yang mengantarai stimuli dan respons ( internal mediation of stimuli), prediksi respon (prediction response), dan peneguhan respon (reinforcement of responses). Psikologi melihat komunikasi dimulai dengan dikenainya masukkan kepada organ-organ penginderaan kita yang berupa data. Psikologi komunikasi juga melihat bagaimana respons yang terjadi pada masa lalu dapat meramalkan respons yang akan datang. Kita harus mengetahui sejarah respons sebelum meramalkan respons individu masa ini.

Komunikasi adalah peristiwa social- peristiwa yang terjadi ketika manusia berinteraksi dengan manusia yang lain. Mencoba menganalisa peristiwa social secara psikologis membawa kita pada psikologi social.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s